1 Sejarah Singkat Kila Senggigi Beach
Lombok
Kila Senggigi Beach Hotel merupakan
hotel bintang empat yang ada bernaung di bawah perusahaan PT.aerowisatalombok.
sesuai dengan himbauan bapak presiden indonesia pada saat itu yang mengatakan
bahwa penggunaan nama perusahaan harus menggunakan bahasa indonesia. Maka mulai
bulan Februari 1996 nama senggigi beach hotel mengalami perubahan dengan nama
baru yaitu senggigi aerowisata Lombok, namun tidak lama kemudian nama senggigi
beach hotel kembali di gunakan.
Kila Senggigi Beah Lombok mulai dibangun
pada tahun 1986 dan mulai beroperasi serta di resmikan oleh mentri PROPASTEL
yaitu Bapak M.Taher pada tanggal 11 April 1987. Hotel berjenis resort ini mempunyai
total kamar sebanyak 165 kamar dimana hotel ini terbagi menjadi dua bagian
yaitu senggigi beach hotel dan pool villa club. Pool villa club di resmikan
pada tanggal 15 Mei 2000 yang di tanda tangani oleh gubernur Nusa Tenggara
Barat yaitu bapak Harun Al Rasyid pada masa itu.
Pool Villa Club merupakan jenis kamar
Exclusive pada hotel ini yang berbentuk villa yang mengelilingi kolam renang
dimana pool villa club merupakan produk terbaru yang dikeluarkan oleh kila
senggigi beach Lombok ketika bisnis pariwisata sedang mengalami penurunan yang
sangat tajam. Pool villa club memiliki total kamar atau 8 bungalow.
Fasilitas-Fasilitas Kila Senggigi Beach
Lombok
Fasilitas-fasilitas hotel senggigi beach
Lombok terbagi atas dua macam, yaitu fasilitas untuk tamu dan fasilitas untuk
karyawan.
Adaupun
fasilitas utama tamu antara lain:
1. Room
Kila Senggigi
beach hotel merupakan hotel berjenis resort yang memiliki 165 kamar yang
terdiri dari garden view room, deluxe bungalow, dan lain-lain.
Adaupun fasilitas yang terdapat pada
setiap kamar yaitu: room safe, air conditioner. Desainer toilet. 1 line 100
call, colour TV with satelit channel, coffe/tea making, private bathroom with
sower, hairdryer in bungalow, ceiling fan in bungalow, dan lain-lain.
2. Restaurant
and Bar
Restauran dan bar yang
di miliki hotel ini, antara lain:
3. Rinjani
Restaurant And Bar
Merupakan
restaurant utama yang ada di hotel ini, dimana restaurant ini beroperasional
selama 24 jam yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman untuk breakfast,
lunch, dan dinner.
Restaurant ini menyediakan jenis makanan
asean, western dan makanan lokal serta minuman baik yang beralkohol maupun non
alkohol karena restaurant ini sekaligus dengan bar. Rinjani restaurant and bar
juga menyediakan pelayanan kamar (room service).
4. Basilica
Restaurant And Sunset Bar
Merupakan
restaurant yang banyak di minati tamu baik outside guest maupun tamu hotel itu
sendiri karena pemandangan dan suasana yang sangat indah dimana restaurant ini
langsung menuju ke pantai dan memiliki live
music. Sangat cocok bagi tamu yang ingin menghabiskan waktunya untuk
bersantai, berjemur serta menikmati pemandangan sunset yang sangat indah.
Restaurant ini mulai buka pukul 07:00
pagi sampai dengan pukul 23:00 malam,dan restaurant ini juga
menyediakan makanan mulai dari pembuka sampai dengan penutup dan
menyediakan jenis makanan itallian serta
minuman alcohol maupun non alcohol.
Apabila ada masalah dengan rinjani
restaurant seperti adanya renovasi dan lainnya maka basilico restaurant menggantikan
selama renovasi berlangsung.
5. Beach
Comber Restaurant And Bar
Merupakan restaurant yang berada di
pool villa club yang mulai beroperasional pada pukul 06:00 pagi hingga 15:00
sore dimana restaurant ini hanya menyediakan breakfast dengan menu Eropa serta
menyediakan minuman baik alcohol maupun non alkohol karena sekaligus merupakan
bar.
6. Laundry
And Dry Cleaning Service
Pelayanan kepada tamu dalam hal
pencucian, perawatan dan kebersihan pakaian tamu, semua jenis linen yang ada di
hotel serta uniform karyawan.
7. Healt
Spa And Gymnasium
Fasilitas yang disediakan hotel untuk tamu yang
ingin olahraga dan massage.
8. Room
Service
Merupakan bagian dari food &
beverage service yang bertugas dan bertanggung jawab dalam menangani pelayanan
makanan dan minuman di kamar.
9. Fasilitas
rekreasi
Fasilitas rekreasi yang di sediakan untuk tamu di
hotel ini antara lain:
a. Public
swimming pool kolam renang yang terdapat di hotel ini ada dua (2) yaitu di pool
villa club dan rinjani.
b. Dive
water centre yaitu tempat menyediakan fasilitas menyelam.
c. Snorkeling
menyediakan alat, serta tempat instruktur snorkeling bagi tamu.
d. Kiddy
club merupakan tempat bermain anak-anak.
e. Souvenir
And Rottery Shop yaitu toko yang menyediakan cinderamata
f. Tour
And Travel Agent bertugas dan
bertanggung jawab dalam hal menjemput dan mengantar tamu baik yang ke
bandara maupun yang jalan-jalan.
g. Money
changer
h. Clinic
with doctor living in area hotel
Klinik ini memberikan pelayanan kesehatan selama 24
jam.
i.
Meeting room
Hotel ini mempunyai dua meeting room yaitu mayura
room dan berugak room
j.
Wi-fi
k. Badminton
Tempat bagi tamu yang ingin main bulu tangkis.
l.
Parking area
Tempar parkir motor bagi karyawan hotel ini.
10. Fasilitas
untuk karyawan
Adaupun fasilitas yang disediakan oleh hotel untuk
karyawan antara lain:
a. Loker
b. Canteen
c. Tempat
ibadah/mushola
d. Parking
area dan laundry
4.1.3
Departemen-Departemen Di Kila Senggigi
Beach Lombok
Setiap
departemen dalam suatu hotel memiliki tugas dan tanggung jawab untuk
melaksanakan operasional kerjanya dan departemen Hotel Senggigi Beach Lombok
adalah sebagai berikut.
1. Front Office Departement
Front Office Departement adalah
salah satu departemen yang menyatu dengan loby yang merupakan pusat informasi
hotel yang memiliki tugas dan tanggung jawab dalam penerimaan tamu check-in dan
check-out, yang menjual kamar dan memberikan pelayanan terhadap tamu.
2. Housekeeping Departement
Housekeeping
department yaitu departemen yang
mempunyai tugas dan tanggung jawab sangat dalam hal menciptakan dan memelihara
kebersihan, kenyamanan, serta keindahan seluruh ruangan dan kamar tamu serta
seluruh area yang berada di hotel.
3. Laundry Departement
Departemen ini bertugas dan
bertanggung jawab dalam pencucian dan pembersihan semua linen untuk keperluan
tamu dan seragam karyawan serta memberikan pelayanan guest laundry.
4. Food And Beverage Departement
Food
and Beverage Devartement
ini terbagi menjadi dua yaitu Food and Beverage Service yang bertanggung
jawab dalam memberikan pelayanan makan dan minum bagi tamu serta menjual
minuman coktaile maupun moctaile, dan food and beverage Kitchen bertugas dan
bertanggung jawab dalam pembuatan,pengolahan makanan yang sesuai orderan tamu
dari menu Ala carter,menu bufefet,menu BBQ dan menu Spesial sehari-hari(today’s
culinary highlight) yang dari salad,soup,maincourse,sampai dessert nya.
5. HRD/Human Resourse Departement
Departemen ini bertugas dan
bertanggung jawab dalam manajemen hotel terhadap,penerimaan,pelatihan karyawan
serta penempatan sesuai dengan keahlian dan skil yang dimiliki masing-masing.
6. Salles And Marketing Departement
Adalah departemen yang mempunyai
tugas dan tanggung jawab untuk memasar kan semua keunggulan produk hotel dan
mencari pangsa pasar yang tepat dan mau dating ke hotel untuk menambah masukan
serta menambah tingkat hunian kamar secara terus menerus.
7. Accounting Departement
Yaitu departemen yang memiliki
tugas serta tanggung jawab dalam pengurusan pengeluaran dan pemasukan hotel
agar operasional hotel berjalan lancer dengan pembukaan yang tepat dan akurat
sehingga mudah mengetahui keuntungan dan kerugian suatu hotel
8. Purchasing Departement
Yaitu departemen yang bertugas dan
bertanggung jawab dalam pengadaan dan pembelajaran yang dibutuh kan oleh
masing-masing departemen
9. Security Departement
Adalahdepartemen yang memiliki
tugas dan tanggung jawab serta wewenang dalam bagian keamanan seluruh area
hotel,baik dari dalam maupun dari luar hotel untuk kenyamanan tamu dan karyawan


Artikel Yang Bagus Gan ^_^
BalasHapusIjin Comment Ya Gan ^_^
Terima Kasih Gan ^_^
BANDAR TOGEL
POKER ONLINE
CASINO LIVE
SABUNG AYAM
SLOT GAMES SERU
Sportbook
Daftar sekarang juga disini, informasi selanjutnya bs menghubungi cs kami di:
LIVE CHAT 24 Jam
IG : CSPIANO4D
LINE : PIANOTOTO4D
WA : +855962092264